• Kelas Spanyol Elemental A2 dibuka Mei 2015
  • Kelas Spanyol Inicial A1-1 akan dibuka Mei 2015
  • Kelas Spanyol Inicial A1-2 akan dibuka MEI 2015
  • Kursus Bahasa Inggris Conversation Setiap Sabtu pukul 9.00 - 12.00
  • Kursus Bahasa Mandarin setiap Sabtu pukul 9.00 - 12.00
  • Selamat Datang Di Website Pusat Bahasa Lembaga Budaya Universitas Trisakti

Program

 

Program Kerja Pusat Bahasa

Untuk mencapai tujuan pendirian Pusat Bahasa, maka dibentuklah empat unit pelaksana kegiatan di bawah Pusat Bahasa yang masing-masing dipimpin oleh seorang Kordinator yaitu Unit Bahasa Indonesia, Unit Bahasa Inggris, Unit Bahasa Asing Lain, dan Unit Pengembangan Budaya

Keempat unit di Pusat Bahasa kemudian merancang program-program yang merupakan implementasi dari Pelayanan Eksternal dan Pembinaan Internal dan mengacu pada Tridharma Perguruan Tinggi dan Trikarma Universitas Trisakti dalam bentuk kegiatan jangka panjang dan jangka pendek yang disusun sesuai dengan kebutuhan mahasiswa, dosen, dan karyawan di lingkungan Universitas Trisakti serta masyarakat umum.

 

Program Kerja (Jangka Panjang)

Unit Bhs Indonesia

  1. Menjadi tempat pembinaan semua dosen bahasa Indonesia yang ada di Universitas Trisakti dan sebagai ajang pengembangan pembelajaran dan pengajaran bahasa Indonesia di Universitas Trisakti.
  2. Meningkatkan kompetensi bahasa Indonesia di kalangan dosen (pembimbing skripsi) melalui pelatihan pembimbingan bahasa karya ilmiah di lingkungan USAKTI.
  3. Mengadakan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) bagi dosen dan pembimbing skripsi dan masyarakat umum yang membutuhkan..
  4. Meningkatkan kompetensi bahasa Indonesia seluruh karyawan non-dosen di Universitas Trisakti.
  5. Memproduksi bahan ajar berbasis web berupa audio visual.
  6. Menerbitkan booklet kebahasaan sebagai pedoman berbahasa Indonesia yang baik dan benar.
  7. Melaksanakan berbagai kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud pengembangan Tridharma Perguruan Tinggi.

Unit Bhs Inggris

  1. Menjadi tempat pembinaan semua dosen bahasa Inggris yang ada di Universitas Trisakti dan sebagai ajang pengembangan pembelajaran dan pengajaran bahasa Inggris di Universitas Trisakti.
  2. Meningkatkan kompetensi bahasa Inggris di kalangan dosen, mahasiswa, dan karyawan non-dosen melalui pelatihan-pelatihan yang dilaksanakan secara konsisten.
  3. Mengusulkan persyaratan nilai kemampuan berbahasa Inggris bagi lulusan Universitas Trisakti dengan mengikuti tes TEPT (Trisakti English Proficiency Test) dengan nilai  ≥450 disesuaikan dengan kondisi fakultas masing-masing.
  4. Memproduksi bahan ajar sebagai bentuk pengembangan individu dan institusi.
  5. Menyelenggarakan tes kemampuan bahasa Inggris (TEPT) bagi seluruh civitas academika dan masyarakat umum.   
  6. Menjalin kerja sama dengan pihak lain dan institusi lainnya di dalam maupun di luar negeri untuk membantu mengembangkan Pusat Bahasa sehingga Pusat Bahasa dapat memberikan sumbangan yang maksimal bagi pengembangan pembelajaran bahasa di lingkungan Universitas Trisakti.
  7. Melaksanakan berbagai kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud pengembangan Tridharma Perguruan Tinggi.

Unit Bhs Asing Lain

  1. Mengadakan kerja sama dengan pusat-pusat kebudayaan dari negara-negara asing yang berada di Indonesia berdasarkan kursus-kursus bahasa yang diselenggarakan di Pusat Bahasa, Lembaga Budaya yaitu Kedubes Spanyol, Inggris, Jerman, Belanda, Perancis, Cina, Korea, Jepang, dan Arab.
  2. Meningkatkan pembinaan pengajar, pengembangan materi ajar, dan bentuk-bentuk pengembangan profesional lainnya..
  3. Mengadakan kegiatan kebudayaan secara rutin sebagai upaya untuk memperkenalkan bahasa dan budaya negara-negara sahabat, mis: pertunjukan flamenco, pertunjukan guitar klasik, pertunjukan film secara reguler dari berbagai kedutaan,
  4. Melaksanakan pekan budaya, pekan kuliner, pekan film, pekan seni, dll., sebagai wujud nyata keikutsertaan Universitas Trisakti dalam mempromosikan perdamaian dunia.
  5. Menggalang kegiatan ilmiah dalam bentuk kuliah umum dan lain sebagainya berkerja sama dengan kedutaan negara-negara sahabat.
  6. Mengusulkan bahasa Spanyol dan bahasa-bahasa asing lain sebagai mata kuliah pilihan di Universitas Trisakti..
  7. Membantu Aula Cervantes dalam pelaksanaan uji kemahiran bahasa Spanyol DELE secara rutin setiap tahun.

 

Program Kerja (Jangka Pendek)

Unit Bhs Indonesia

  1. Meningkatkan mutu perkuliahan bahasa Indonesia melalui perbaikan materi, metode, pengajar, sarana dan evaluasi dalam bentuk pelatihan, lokakarya, seminar bahasa di Universitas Trisakti .
  2. Membuka kelas-kelas Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA), untuk mahasiswa asing yang tugas belajar dan profesional asing.
  3. Menyelenggarakan pelatihan bahasa tata naskah dinas dalam surat-menyurat di kalangan karyawan secara berkala.
  4. Menyelenggarakan pelatihan penulisan ilmiah bagi mereka yang membutuhkan.
  5. Meningkatkan kreativitas kebahasaan melalui kegiatan kebahasaan (lomba pidato, diskusi, dll).
  6. Memberikan pelatihan kemahiran bahasa Indonesia pada masyarakat yang membutuhkan sebagai bagian dari pelaksanaan kegiatan PKM.
  7. Mengadakan penelitian untuk meningkatkan kemampuan profesional para tenaga edukatif di lingkup Universitas Trisakti.

Unit Bhs Inggris

  1. Meningkatkan mutu perkuliahan bahasa Inggris melalui perbaikan materi, metode, pengajar, sarana dan evaluasi dalam bentuk pelatihan, lokakarya, seminar bahasa di Universitas Trisakti.
  2. Mengadakan Try-out TEPT (Trisakti English Proficiency Test) untuk mengetahui kompetensi awal mahasiswa baru yang dilaksanakan pada setiap awal tahun akademik di seluruh fakultas di Universitas Trisakti.
  3. Membuka berbagai kursus untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mahasiswa, karyawan, dan dosen di Universitas Trisakti dan masyarakat umum.
  4. Membuka jasa terjemahan/editing bagi masyarakat di lingkup Universitas Trisakti dan masyarakat umum.
  5. Memberikan berbagai kegiatan pelatihan bahasa Inggris kepada masyarakat yang membutuhkan sebagai bagian dari pelaksanaan program PKM.
  6. Mengadakan kegiatan-kegiatan penelitian bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan profesional para tenaga edukatif di lingkup Universitas Trisakti.
  7. Meningkatkan kreativitas kebahasaan melalui kegiatan kebahasaan (lomba pidato, lomba spelling bee, dll.  

Unit Bhs Asing Lain

  1. Membuka kursus-kursus Bhs. Spanyol, Bhs. Belanda, Bhs. Jerman, Bhs. Perancis, Bhs. Mandarin, Bhs. Jepang, Bhs. Korea, dan Bhs. Arab.
  2. Mengadakan promosi untuk semua kursus bahasa yang ada melalui website di forum-forum virtual, dan media elektronik lainnya.
  3. Menggalang kerja sama lanjutan dengan pihak-pihak kedutaan untuk promosi semua kursus bahasa yang ada.
  4. Meningkatkan kegiatan-kegiatan kebudayaan bekerja sama dengan kedutaan-kedutan negara sahabat yang ada di Jakarta.
  5. Meningkatkan kualitas pembelajaran berbagai kursus bahasa dengan secara rutin mengadakan pelatihan para tenaga pengajar, meningkatkan kualitas bahan ajar, dan merancang program-program pendukung.
  6. Membuka jasa terjemahan/editing bahasa-bahasa asing lain bagi masyarakat kampus dan umum.
  7. Meningkatkan kreativitas kebahasaan melalui kegiatan kebahasaan (lomba pidato, lomba penulisan ceritera pendek, dll.

icon-sambutan Sambutan Direktur Lembaga Budaya

Sambutan Direktur Lembaga Budaya

Selamat datang di website Pusat Bahasa Lembaga Budaya. Sejak bulan Januari 2015, Pusat Bahasa Lembaga Budaya menempati kantor yang baru di Lantai Dasar, Gedung E (Teknik Elektro) Fakutas Teknologi Industri, Kampus A, Universitas Trisakti. Tempat tersebut digunakan bersama dengan AULA CERVANTES-Lembaga Kebudayaan Spanyol yang memiliki kaitan kerja sama dengan Lembaga Budaya Universitas Trisakti. 

Website ini memberikan informasi tentang kegiatan Pusat Bahasa Lembaga Budaya. Pusat Bahasa yang berada di bawah Lembaga Budaya merupakan lembaga yang mengembangkan program kegiatannya berdasarkan aspek afektif.  Hal tersebut diperlukan untuk mengembangkan kemampuan intelektual seseorang secara lengkap. Oleh sebab itu, berbagai progam kegiatan dirancang dalam bidang budaya dan bahasa baik bahasa Indonesia, bahasa Inggris, maupun delapan bahasa asing lain.

Rancangan program kegiatan di Pusat Bahasa lembaga Budaya didasarkan pada dua kategori utama yaitu untuk meningkatkan kualitas masyarakat Trisakti dan masyarakat luar Trisakti dalam bidang bahasa dan budaya.

Kiranya informasi yang terdapat di dalam laman ini dapat memberikan masukan yang berguna dalam memilih program-porgram yang dibutuhkan.

Terima kasih…

.. more >

Agenda Kegiatan

...

November 2017

SuMoTuWeThFrSa
   1234
567891011
12131415161718
1920
21
22232425
2627282930  
  • No events available for this month.