• Kelas Spanyol Elemental A2 dibuka Mei 2015
  • Kelas Spanyol Inicial A1-1 akan dibuka Mei 2015
  • Kelas Spanyol Inicial A1-2 akan dibuka MEI 2015
  • Kursus Bahasa Inggris Conversation Setiap Sabtu pukul 9.00 - 12.00
  • Kursus Bahasa Mandarin setiap Sabtu pukul 9.00 - 12.00
  • Selamat Datang Di Website Pusat Bahasa Lembaga Budaya Universitas Trisakti

News


10 Bahasa Besar Dunia

Posted: 02/07/2013 | By: Fajar Rahadian

Jumlah total bahasa di dunia tentu tidak dapat dihitung dengan pasti karena selalu mengalami evolusi juga karena ada perbedaan dalam kriteria penetapan bahasa. Misalnya apakah bahasa malaisia dianggap sebagai bahasa yang berbeda dari bahasa Indonesia karena keduanya mengalami evolusi dalam waktu dan tempat atau tetap menganggapnya sebagai sebuah bahasa yang sama dalam nama bahasa  Melayu.

Terlepas dari perdebatan soal kategori yang digunakan, yang pasti bahasa Indonesia berada dalam salah satu dari sepuluh bahasa besar dunia. Ini dari segi penutur. Jadi secara kuantitatif bahasa Indonesia itu bahasa besar tetapi secara kualitatif bahasa Indonesia termasuk kecil. Aspek kualitatif berhubungan dengan pengaruh dan peran global yang dimainkan oleh sebuah bahasa yang pada gilirannya menjadi magnet bagi peminat asing untuk mempelajarinya.Kita bisa lihat misalnya jumlah peminat asing untuk belajar bahasa Indonesia relatif kecil. Bandingkan dengan bahasa Korea yang dibicarakan oleh sedikit penduduk tetapi peminat asing untuk mempelajarinya sangat tinggi. Di Jakarta misalnya, kita bisa lihat bertebarannya tempat kursus bahasa Korea. Satu-satunya cara untuk menaikan peran kualitatif bahasa Indonesia adalah dengan meningkatkan peran global ekonomi dan politik Indonesia dan ini berkaitan dengan SDM masyarakat Indonesia sendiiri.


Comments

There are no comments

Post a comment



icon-sambutan Sambutan Direktur Lembaga Budaya

Sambutan Direktur Lembaga Budaya

Selamat datang di website Pusat Bahasa Lembaga Budaya. Sejak bulan Januari 2015, Pusat Bahasa Lembaga Budaya menempati kantor yang baru di Lantai Dasar, Gedung E (Teknik Elektro) Fakutas Teknologi Industri, Kampus A, Universitas Trisakti. Tempat tersebut digunakan bersama dengan AULA CERVANTES-Lembaga Kebudayaan Spanyol yang memiliki kaitan kerja sama dengan Lembaga Budaya Universitas Trisakti. 

Website ini memberikan informasi tentang kegiatan Pusat Bahasa Lembaga Budaya. Pusat Bahasa yang berada di bawah Lembaga Budaya merupakan lembaga yang mengembangkan program kegiatannya berdasarkan aspek afektif.  Hal tersebut diperlukan untuk mengembangkan kemampuan intelektual seseorang secara lengkap. Oleh sebab itu, berbagai progam kegiatan dirancang dalam bidang budaya dan bahasa baik bahasa Indonesia, bahasa Inggris, maupun delapan bahasa asing lain.

Rancangan program kegiatan di Pusat Bahasa lembaga Budaya didasarkan pada dua kategori utama yaitu untuk meningkatkan kualitas masyarakat Trisakti dan masyarakat luar Trisakti dalam bidang bahasa dan budaya.

Kiranya informasi yang terdapat di dalam laman ini dapat memberikan masukan yang berguna dalam memilih program-porgram yang dibutuhkan.

Terima kasih…

.. more >

Agenda Kegiatan

...

November 2017

SuMoTuWeThFrSa
   1234
567891011
12131415161718
1920
21
22232425
2627282930  
  • No events available for this month.